Selasa, 09 Oktober 2018

#SIP_PENGERTIAN SISTEM, INFORMASI DAN PSIKOLOGI


PENGERTIAN SISTEM, INFORMASI DAN PSIKOLOGI

1.      Pengertian Sistem
Kusrini (2007) menjelaskan bahwa sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan tugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.
Neolaka & Neolaka (2017) menjelaskan bahwa sistem adalah sebuah perangkat yang berintekrasi atau bagian komponen yang saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
Jogiyanto (2005) juga berpendapat bahwa sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen yang berintekrasi dan saling bergantung untuk melakukan suatu kegiatan tertentu.




2.      Pengertian Informasi
Dalam KBBI, informasi mempunya arti yaitu penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu, keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu.
Kusrini & Koniyo (2007) menjelaskan bahwa informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
Davis (dalam Gaol, 2008) informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nanti
Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulakan bahwa informasi adalah keseluruhan makna yang menunjang amanat yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dalam pengambilan keputusan.


3.      Pengertian Psikologi
Secara etimologis, istilah psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata psyche berarti “jiwa”, dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiawaan (Marbun, 2018).
Dalam KBBI psikologi diartikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku, ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.
Sit (2017) menjelaskan bahwa psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas perilaku, tindakan, atau proses mental dan pikiran, diri atau kepribadian yang terkait dengan proses mental.
Berdasarkan beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan yang berkaitan dengan proses mental dan pikiran.


4.      Sistem Informasi Psikologi
Dari penjelasan di atas bahwa sistem informasi psikologi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri atas sejumlah komponen yang berintekrasi yang berisikan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dalam pengambilan keputusan.

Sumber:
Marbun, S. M. (2018). Psikologi pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini. Depok: Kencana.
KBBI. (2018). Kamus besar bahasa indonesia online dikembangkan oleh ebta setiawan. https://kbbi.web.id/informasi . Diakses pada tanggal 9 Oktober 2018 pukul 10:12 WIB.
Gaol, C. J. (2008). Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo
Kusrini., Koniyo, A. (2007). Membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft sql server. Yogyakarta: Andi.
Neolaka, A., Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan pendidikan. Depok: Kencana.
Kusrini. (2007). Strategi perancangan dan pengelolaan basis data. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto. (2005). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar