Sabtu, 15 Oktober 2016

Tugas 1 Psikologi dan Teknologi Komputer - Layanan Internet

Layanan Internet
WILDAYATI AULIA
17515568
2PA11

1. World Wide Web
   World wide web merupakan kepanjangan dari www yang berupa ruang informasi yang dipakai oleh pengenal di internet secara global. Pengertian world wide web sendiri adalah suatu pengidentifikasian sumber seragam untuk mengetahui secara pasti sumber data berguna dalam sebuah internet. Www merupakan bagian dari internet dan bukanlah dari keseluruhan internet.
   Contoh :
   www.gmail.com
   www.gunadarma.ac.id
   www.yahoo.com
  

2. Electronic Mail (Email)
   Surat elektonik sebagai sarana menerima dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet.
   Contoh :
   Gmail, Yahoo
  

3. Search Engine
   (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan
   Contoh :
   • Bing (bing.com)
   • Google (google.com)
   • MSN (msn.com)
   • Yahoo (yahoo.com)
 


 

4. Chatting
   Chatting adalah kegiatan berkomunikasi dalam dunia internet secara langsung oleh sesama pengguna internet tersebut saat sedang online pada waktu yang sama. Bentuk komunikasi saat chatting dapat berupa suara, teks atau dalam bentuk video langsung dan berbicara tanpa teks.
   Contoh :
   1. Blackberry Messenger

      Kelebihan :
      ► BBM sudah cukup popular sehingga rasanya hampir setiap orang memiliki aplikasi chat yang satu ini.
      ► Lebih private karena adanya pin
      ► Kemudahan dalam berkirim berbagai data mulai dari teks, gambar, atau video sehingga bagi pebisnis online shop dapat lebih mudah mempromosikan dagangan mereka.

      Kekurangan :
      - Versi Blackberry Messenger yang ada pada ponsel dengan sistem operasi android dan IoS dikabarkan sering mengalami gangguan.
      - Jumlah member pada grup yang ada di Blackberry kabarnya maksimal hanya bisa 30 orang, sementara Whatsapp bisa sampai 100 orang.
      - Tidak fasilitas stiker seperti pada Line sehingga bagi beberapa orang berkomunikasi via BBM seringkali dianggap kurang ekspresif.

   2. Whatsapp

      Kelebihan :
      ► Whatsapp dinilai sebagai aplikasi chat paling enteng sehingga tidak membuat ponsel jadi cepat hang
      ► Pengguna dapat membuat grup dengan jumlah member mencapai 100 orang. Artinya bila kamu adalah seorang pedagang online dapat membuat grup baik khusus customer, reseller, atau mungkinsupplier.
      ► Kini sudah fasilitas Whatsapp call yang memungkinkan antara kamu dan teman lainnya menelepon tanpa terkena pulsa alias hanya menggunakan kuota internet.

      Kekurangan :
      - Semua orang bisa menambahkan contact kita sebagai teman dengan hanya menyimpan nomer yang kita punya. Bagi beberapa orang, Whatsapp dinilai kurang privat.
      - Hanya gratis pada tahun pertama. Tahun berikutnya pengguna harus membayar sebesar Rp 10.000/tahun.
      - Belum bisa videocall

   3. Line

      Kelebihan :
      ► Bisa mengirim berbagai data mulai dari gambar, audio, dan video.
      ► Bila kamu memerlukan, Line menyediakan fasilitas Line call dan juga Video call.
      ► Grup di Line bisa diisi hingga mencapai 100 orang.

      Kekurangan :
      - Termasuk sering mengalami gangguan seperti pesan yang terlambat terkirim misalnya.
      - Cukup berat aplikasinya sehingga terkadang bikin ponsel jadi berat.
      - Beberapa akun official seperti: Line Event, Line Official, atau Line Game terkadang terlalu sering mengirim pesan sehingga tak jarang menganggu pengguna

5. Netiquette (Etika dalam Berinternet)
   Netiquette (Network Etiqutte) atau etika berinternet yaitu semacam tata krama menggunakan internet yang erat kaitannya dengan kepribadian seseorang tentang bagaimana kita berlaku bijaksana dalam menggunakan teknologi informasi.

   Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah :
   • Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
   • Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. Dan yang paling utama adalah hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu :
     a. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
     b. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
     c. angan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
   • Junking adalah kata kata yang tidak berguna untuk dipost dan apalagi niatnya hanya sekedar untuk menambahkan post yang tidak penting.
   • Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.
   • Seorang user bisa dianggap TROLL apabila :
     a. punya banyak account untuk melakukan kecurangan, seperti permainan poin, memberi vote terhadap jawaban yg tidak masuk akal, juga penilaian (entah itu TU ataupun TD).
     a. membuat resah user lain.

Sumber :
http://www.mandalamaya.com/pengertian-search-engine-dan-contoh-search-engine/
http://www.atobasahona.com/2016/09/pengertian-chatting-dan-contoh-aplikasi-chatting.html#ixzz4N4wzJe8p
http://veryfund.co/blog/pahami-kekuarangan-dan-kelebihan-dari-berbagai-aplikasi-chatting-ini-sebelum-menggunakannya-untuk-melayani-pembeli/
http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette
http://artikel-az.com/pengertian-world-wide-web/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar