Sabtu, 15 Oktober 2016

Tugas 1 Psikologi dan Teknologi Komputer - Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal

Psikologi dan Internet dalam Lingkup Interpersonal
Wildayati Aulia
17515568
2PA11

1. Aspek Psikologi dari Individu Pengguna Internet
   Banyak sekali terjadinya fenomena identitas diri melalui internet secara identitas nyata maupun identitas virtual yang memungkinkan individu mengubah sama sekali identitas nyatanya ke sebuah identitas lain yang sifatnya virtual dan karakteristik seseorang indvidu. Sekarang banyak sekali jejaring sosial yang bermuculan, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, AskFm dan masih banyak lagi jejaring sosial lainnya. Banyak orang  diluar sana mengunakan identitas palsu atau bisa disebut anonim untuk mendaftrakan diri atau menjadi penguna aktif dari salah satu jaringan sosial. Antaralain faktor-faktor yang membuat seseorang mengunakan identitas palsu mereka adalah untuk menutup jejak didunia maya dan menjaga repotasi harga diri mereka. Dimana seseorang ingin meluapkan emosinya didunia maya, tanpa diketahui oleh orang lain siapa diri dia sebenarnya.

   Karakteristik seseorang akan telihat berbeda, ketika dia berada didunia nyata dengan pada saat dia berada di jejaring sosial. Saat didunia nyata mungkin seseorang tersebut dilihat karakternya sangat pendiam, pemalu, menyendiri dan tidak mudah bergaul atau bahkan tidak asik untuk diajak berbicara, namun lain halnya saat dia didunia maya. Karakter dia menjadi anak yang mudah bergaul, cerewet dan asik untuk diajak berbicara.

   Mungkin salah satu contoh kasusnya yang sedang heboh di media massa saat ini adalah sebuah akun Twitter dengan nama akun @T********** 2000, dimana dia banyak mentweet tentang seorang politikus dan merusak nama baik orang yang bersangkutan, karena masalah ini orang yang memiliki akun tersebut dapat diancam dengan pasal yang setimpal dengan perbuatan yang ia lakukan. Namun dengan identitas palsu yang dia gunakan untuk membuat akun tersebut, polisi pun sulit untuk mencari keberadaannya.

   Dampak Positif :
   1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
   2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
   3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
   4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
   5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
   6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran atau penjualan.

   Dampak Negatif :
   1. Internet atau jejaring sosial sering disalah gunakan pada sebagian orang
   2. Banyak terjadi penipuan
   3. Banyak terjadi perdagangan wanita di jejaring sosial

2. Aspek Demografis dari Individu Pengguna Internet
   Aspek demografis adalah aspek yang harus mempertimbangkan gender, usia, budaya dan SES ( Social – Economic – Status ) dalam interaksi individu dan internet. Kita tahu bahwa situs jejaring sosial saat ini memiliki beragam fitus teknis. Namun pada umunya, mereka memuat dan memperlihatkan profil penggunanya serta daftar teman yang juga merupakan pengguna dalam system tersebut. Umumnya profil tersebut disusun berdasarkan pernyataan yang mengacu pada usia, gender, lokasi, dan “tentang saya”. Biasanya pengguna dapat mengetahui gender pengguna lain berdasarkan nama atau foto profil yang diunggah pengguna lain. Ini digunakan untuk memperkenalkan diri kepada dunia maya tentang siapa dan bagaimana tentang dirinya.

   Studi mengenai komunikasi interpersonal dan media, para peneliti telah mengembangkan tipologi untuk berbagai motif dalam penggunaan internet, yaitu:
   1. Kegunaan interpersonal
   2. Mengisi waktu luang
   3. Pencarian informasi
   4. Kemudahan/kenyamanan
   5. Hiburan

   Diseluruh di dunia terutama di Indonesia, usia muda adalah usia yang banyak menggunkan internet dan banyak menghabiskan waktunya didunia maya dan bersosialisaisi dijejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram ataupun jaringan sosial yang lain. Pemasar yang ingin memasarkan barang produksi untuk kaula muda dapat memanfaatkan social media sebagai sarana promosi yang sangat ampuh. Contohnnya adalah situs http://www.berniaga.com/  yang dimana pemasar dapat mempromosikan barang produksinya disitus tersebut.

   Dampak Positif :
   1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
   2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
   3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
   4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
   5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
   6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran atau penjualan.

   Dampak Negatif :
   1. Banyak terjadi penipuan
   2. Keluar masuknya kebudayaan – kebudayaan asing melalui media massa

Sumber :
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/2004-e-customers-analisis-perbedaan-antara-demografi-psikografi-synchografi-dan-technog
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1308/1067
http://www.psikologizone.com/dampak-psikologis-teknologi-komunikasi/06511992


Tidak ada komentar:

Posting Komentar