Jumat, 27 November 2015

Tugas 7 Ilmu Budaya Dasar - Seni Tradisi Lisan Khas Etnik Makassar : Sinriliq

Seni Tradisi Lisan Khas Etnik Makassar
Sinriliq
Wildayati Aulia
17515568
1PA12

Dalam masyarakat Makassar pada masa lalu tumbuh dan berkembang sejumlah cerita rakyat yang beredar. Cerita-cerita tersebut digemari oleh masyarakat. Dalam penuturannya, cerita ini diiringi oleh sejenis rebab yang dibawakan oleh si penutur. Rebab itu disebut Sinriliq. Pada masa kejayaannya, kesenian ini menjadi kesenian yang sering dijumpai pada setiap acara tradisional dalam masyarakat, seperti kawinan, sunatan, naik rumah baru, pesta panen dan lain sebagainya. Selain itu, tradisi lisan ini juga sering dipertunjukkan pada saat beristirahat setelah seharian bekerja dan ketika sedang ronda malam di kampong.

Menyebut nama siriliq sesungguhnya kata tersebut mengacu pada tiga hal; yang pertama adalah nama alat itu sendiri, dan yang kedua juga berarti sebuah tradisi bertutur atau bercerita dalam masyarakat etnik Makassar. Dalam bertutur teks-teks cerita dibawakan dengan berirama (berlagu) sambil diiringi dengan gesekan sinriliq.


Selain itu, sinriliq juga menunjuk pada teks-teks yang dibacakan yang berarti “cerita”, misalnya menunjuk “Sinriliqna Kappalaq Tallumbatua” yang berarti Cerita tentang Tiga Buah Kapal. Tradisi ini sering dipertunjukkan dalam berbagai acara dalam pesta-pesta adat atau hajatan dalam masyarakat. Biasanya pertunjukkan berlangsung hingga semalam suntuk.
Berdasarkan isi dan cara melagukannya sinriliq terbagi atas dua macam, yaitu Sinrilik Pakesok-kesok dan Sinrilik Bosi Timurung.

Sinrilik Pakesok-kesok adalah sinrilik yang dilagukan dengan iringan alat musik kesok-kesok (rebab). Isinya melukiskan tentang sejarah perjuangan dan kepahlawanan seorang tokoh. Bunyi alat musik gesek kesok-kesok yang mengiring pakesok-kesok/pasinrilik (orang yang memainkan alat musik kesok-kesok atau melagukan sinrilik) harus selaras dengan lagu dan isi, serta suasana cerita yang dibawakan.

Di Sulawesi Selatan, terdapat beberapa naskah yang berbentuk sinrilik. Naskah ada yang sudah dibukukan dan adapula yang belum, adapun naskah sinrilik yang dapat diiringi dengan kesok-kesok antara lain, Sinrilik Kappala’Tallumbatua, Sinrilik I Makdik Daeng Ri Makka, Sinrilik I Manakku’ Caddi-caddi dan lain sebagainya. Sinrilik ini isinya mengisahkan tentang perjuangan dan kepahlawanan di sela percintaan sang tokoh yang ditampilkan dalam cerita itu. Jenis sastra ini sangat menarik apabila dikreasi menjadi sastra pertunjukan.

Sinrilik Bosi Timurung adalah sinrilik yang dilagukan tanpa diiringi alat musik kesok-kesok, dan biasanya dilantunkan pada tempat yang sunyi di kala orang yang berada di sekelilingnya sedang tidur nyenyak. 
Sinrilik Bosi Timurung pada dasarnya berisi hal-hal sebagai berikut:
• Pujaan yang menggambarkan kecantikan seorang gadis dengan membandingkan keadaan sekelilingnya.
• Merindukan kekaasih yang menggambarkan kerinduan seorang jejaka terhadap gadis yang dicintainya.
• Beriba hari yang menggambarkan seorang yang sial atas segala usahanya, sehingga menjadi sengsara.
• Kesedihan yang menggambarkan kesedihan seseorang yang ditinggal oleh suaminya.

Dengan kata lain Sinrilik Bosi Timurung bila diistilahkan kedalam istilah anak muda jaman sekarang adalah sinrilik Curhat atau curahan hati seseorang yang hanya dia saja dan tuhannya yang mengetahuinya. Hehehe . . .

Sinrilik Bosi Timurung dapat juga dijadikan pelajaran atau nasihat yang berharga bagi orang yang menyimaknya, karena isinya menceritakan tentang ganjaran perbuatan yang baik dan siksaan terhadap perbuatan yang jelek diakhirat kelak. Sinrilik yang mengisahkan tentang hal-hal seperti ini biasanya dilantunkan pada saat kedukaan atau kematian sehingga dapat pula dijadikan sebagai hiburan bagi orang yang ditinggalkan. Acara ini dalam adat istiadat Makassar disebut dengan Ammaca kitta' yang pelaksanaannya dilakukan setelah Tadarrus AlQuran. Contoh Sinrilik Bosi Timurung adalah Kitta'na Tulkimak, Kitta'na Bodolo' Akherat, Kitta'na Jayalangkara dan lain sebagainya.

Sumber :
Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya. 2014. Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
http://lobelobenamakassar.blogspot.co.id/2011/12/sinrilik-karya-sastra-unik-dari-kota.html
http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/2308/sinriliq-seni-tradisi-lisan-khas-etnik-makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar