Sabtu, 10 Oktober 2015

Antropologi Tugas 1

Antropologi


1.      Pengertian Antropologi
Antropologi berasal dari bahasa Anthropos yang berarti manusia, dan Logos yang berarti ilmu, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia.
Antropologi mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis, antropologi muncul pertamakali karena ketertarikan bangsa Eropa terhadap budaya dan adat istiadat masyarakat yang beragam.
Secara umum antropologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang manusia yang menuyusun generalisasi yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri, dan memberikan pengertian tentang budaya, tradisi, bahasa dll.

Pengertian lain antropologi menurut ahli :
a.      Ralf L Beals dan Harry Hoijen
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan semua apa yang dikerjakannya
b.      Darwin
Antropologi ingin membuktikan asal mula dan perkembangan manusia dengan melakukan berbagai macam penelitian terhadap kera atau monyet
c.       David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang manusia
d.      William A. Havilland
Antropologi adalah studi yang mempelajari tentang manusia yang menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia serta perilakunya untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia
e.      Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia yang pada umumnya mempelajari aneka warna bentuk fisik masyarakat dan kebudayaan yang dihasilkan masyarakat tersebut

2.      Biografi
1.      Franz Boas (1858-1942)

Seorang ahli dibidang antropologi yang menjadi pencetus sebagai antropologi modern dan bapak antropologi Amerika yang lahir pada 9 Juli 1858 di Jerman. Kedua orang tuanya adalah peneliti mengenai Yahudi.
Ia menerima gelar doktor dalam fisika dan post-doktoral di bidang geografi. Boas sebagai orang pertama yang menerapkan metode ilmiah dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaannya.
Dia mempelajari secara ekstensif budaya Indian Kwakiuti. Boas menyatakan bahwa koleksi data dari setiap aspek adalah unsur yang penting untuk memahami suatu budaya yang terkenal termasuk The Mind Of Primitive Man (1911). Antrophology And Modern Life (1928) dan Race, Language, dan Culture (1940).

2.      Margaret Mead (1901-1978)

Dikenal sebagai antropolog budaya Amerika, lahir tanggal 16 Desember 1901 di Philadelphia. Ayahnya sebagai seorang profesor di sebuah universitas, ibunya sebagai aktivis sosial. Mead banyak memberikan konstribusi terhadap pemahamannya akan konsep modern tentang budaya barat dan Amerika.
Banyak buku yang Mead terbitkan tentang isu-isu kontemporer dan masyarakat primitif. Dan Mead juga sebagai pendukung kuat hak perempuan.
Karyanya yang paling terkenal adalah Coming Of Age in Samoa (1928). Growing Up In New Guinea (1930). Sex and Temperament in Three Primitive Societies (1935) dan Blackbarry Winter. My Earlier Years (1972).
Mead meninggal di New York City pada 15 November 1978, dalam usia 76 tahun.

3.      Sumber
Prabowo,Hendro.1996.Pengantar Antropologi:Jakarta.Universitas Gunadarma




Tidak ada komentar:

Posting Komentar